Kamis, 26 April 2018

Suka Makanan Pedas? Awas Bisa Memicu Wasir



Buat Anda yang suka makanan pedah, mulai saat ini hati-hati jangan terlalu sering konsumi makanan tersebut. Sebab, dalam jangka panjang dapat memicu timbulnya Wasir atau Hemoroid atau Ambeien. Wasir adalah kondisi anyaman pembuluh darah yang menjadi bantalan anus membengkak. Anyaman pembuluh darah ini pada awalnya berfungsi sebagai katup agar kotoran tidak mudah keluar serta pelindung bagian dalam anus supaya tidak mudah lecet ketika buang air.

Menurut dr.Panondang Panggabean, spesialis bedah dari klinik Rumah Wasir, makanan pedas akan mengiritasi pembuluh darah di sekitar anus sehingga terjadi bengkak.

"Makanan pedas bisa membuat mukosa bagian dalam mengalami peradangan lalu terjadi bengkak. Lama kelamaan akan muncul benjolan," katanya dalam acara media visit ke klinik Rumah Wasir di Jatiasih, Bekasi, Selasa (7/4/15).

Panondang mengungkapkan, ada banyak faktor risiko yang bisa memicu terjadinya wasir. Dalam hal faktor makanan, selain makanan pedas, jarang mengonsumsi makanan berserat juga akan menyebabkan feses menjadi keras sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah.

Konsumsi alkohol juga bisa memicu wasir. Faktor risiko lain yang perlu diwaspadai adalah genetika. "Ada orang-orang yang memiliki kelenturan pembuluh darah dan ada yang tidak. Ini dipengaruhi faktor genetik, jadi walau pola makannya tidak sehat atau kurang serat ia tetap tidak kena wasir," ujarnya.

Selain itu, terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan pembesaran pembuluh darah vena di daerah dubur. "Kalau terlalu banyak duduk, darah akan terkumpul di bokong dan lama-lama pembuluh darah melebar. Pada awalnya mungkin hanya sensasi panas saja yang dirasakan," katanya. Baca juga artikel tentang 6 Cara Agar Wasir Tidak Kambuh Lagi